Cara Hadapi Overthinking

Cara Hadapi Overthinking

Cara Hadapi Overthinking

Cara Hadapi Overthinking, – Overthinking adalah kebiasaan buruk yang membuat Anda memikirkan suatu hal terus-menerus, sehingga membuat pikiran “capek”. Overthinking bisa mengganggu kesehatan mental.

Semakin sering dilakukan, semakin besar kerusakan mental yang disebabkan. Maka dari itu, kenalilah berbagai cara menghilangkannya dari hidup Anda ini!

Melansir dari laman https://status-med.com, Karena itu, artikel ini buat untuk sedikit membantu kamu dalam mengatasi overthinking sehingga bisa produktif kembali. Simak yuk!

Kendali ada pada dirimu sendiri

Seperti tangan dan kaki, ternyata pikiran dalam keadaan sadar dapat kita kendalikan lho. Coba kalian pikirkan nasi goreng dengan potongan ayam yang besar dan telur ceplok pada atasnya, terus pikirkan pegunungan yang berselimut awan dengan udara yang dingin.

Jika kamu bisa memikirkan makanan dan kemudian beralih pada pegunungan itu tandanya kamu sudah berhasil mengendalikan pemikiranmu. Sekarang cobalah untuk memikirkan mimpi atau keinginanmu untuk jangka pendek. Misalkan mengerti 200 kosa kata Jepang dalam sebulan, atau menguasai 3 menu masakan daerah dalam seminggu.

Tetapkan target pencapaian yang masuk akal dan batas waktu yang jelas lalu coba kerjakan. Poin pentingnya, cobalah ciptakan suasana bahagia untuk dirimu. Kamu juga bisa mencoba hal baru. Coba untuk tetap fokus dengan target yang telah kamu buat tersebut.

Detoksifikasi racun dalam tubuhmu

Stop makan makanan junk food atau unhealthy food! Bukan hanya untuk menjaga kesehatan organ tubuhmu saja tapi juga untuk menjaga kesehatan pikiranmu. Makanan instan, minuman beralkohol, makanan tinggi kolesterol dan gula, gorengan dan semacamnya hanya akan menambah ‘racun’ pada tubuhmu dan memengaruhi kesehatan otak.

Untuk dapat berkonsentrasi dengan jernih, otak memerlukan nutrisi yang cukup dan seimbang tanpa ada penghalang dalam penyerapan nutrisinya. Coba mulailah untuk makan-makanan sehat sejak sekarang dan rajin minum air mineral.

Selain itu, tidur yang cukup dan teratur akan sangat membantu proses detoksifikasi racun dalam tubuhmu. Jika kamu mengalami insomnia karena overthinking, cobalah untuk membuat tubuhmu merasa nyaman dan rileks sebelum tidur. Jika perlu minumlah air hangat, sesuaikan suhu kamar, gunakan essence, dan putar musik pelan untuk rileksasi.

Tuangkan pikiranmu dalam tulisan

Catatlah semua hal yang menjadi beban pikiranmu saat ini. Mulai dari list yang akan kamu kerjakan, perasaan serta pikiranmu. Catat hal sekecil apa pun yang mengganggu pikiranmu.

Dengan demikian, beban dalam otak akan terasa lebih ringan setelah kamu mencurahkan isi pikiranmu dalam kertas. Hal tersebut karena kamu sekarang dapat melihatnya secara visual semua isi pemikiranmu dan kamu merasa aman karena dengan catatan kamu tidak akan merasa takut lupa.

Jika overthinking-mu adalah untuk masa depan yang tidak pasti, ingatlah satu hal ini. Masa depan tidak ada pada tanganmu tapi kamu bisa menentukan beberapa langkah ke depan melalui hari ini, jangan khawatir dan lakukan sesuatu yang produktif pada masa kini. Do your best!

Sortir prioritas hal-hal penting yang perlu kamu pikirkan dan hapus hal-hal yang tidak penting yang tidak berkaitan dengan kehidupanmu selanjutnya.

Lakukan tindakan jika ada sesuatu yang mengganjal

Ketika kamu merasa overthinking karena sesuatu hal yang tidak dapat biarkan begitu saja, maka bertindaklah pada waktu dan situasi yang tepat. Contohnya, ketika kamu merasa telah membuat kesalahan kepada temanmu dan penasaran akan pemikirannya, maka ajaklah bicara.

Dalam kasus ini, berbicara langsung tanpa melalui ponsel atau pun pesan singkat sangat disarankan. Selesaikan permasalahan saat itu juga atau setidaknya kamu mendapat solusi.

Mencoba untuk memahami dan memberi toleransi ke orang lain dapat menjadi salah satu obat pereda overthinking lho. Jawaban dan solusi dari rasa penasaranmu akan membuatmu tidur lebih nyenyak malam ini. Jangan lupa untuk membuat suasana kamar tidurmu menjadi nyaman ya!

Apresiasi diri itu penting

Tidak selalu dengan mengadakan pesta dan berhura-hura. Apresiasi diri bisa kamu lakukan dengan cara yang simpel dan menyenangkan kok. Luangkan waktu sejenak dan lakukan sesuatu yang dapat membuatmu merasa rileks dan bahagia.

Kamu bisa menonton film maraton, membeli makanan kesukaan kamu, bernyanyi bersama keluarga atau teman, melakukan hobi, menikmati secangkir kopi dengan alunan musik kesukaan kamu, dan banyak hal lainnya.

Apresiasi diri ini akan membuatmu merasa lebih tenang dan lebih bahagia. Tapi jangan berkelanjutan ya, tetap fokus untuk tujuan dan target yang sudah kamu buat. Tetap semangat!

Comments are closed.