Erick Thohir Ingatkan Hal Ini Buat yang Berbisnis

Erick Thohir Ingatkan Hal Ini Buat yang Berbisnis

Erick Thohir Ingatkan Hal Ini Buat yang Berbisnis

Erick Thohir Ingatkan Hal Ini Buat yang Berbisnis – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, pandemi Virus Corona (Covid-19) masih menjadi masalah besar bagi seluruh di dunia. Menurutnya, vaksin untuk virus baru tersebut belum bisa ditemukan dalam waktu dekat.

“Saya melihat vaksin ini belum bisa ditemukan dalam waktu pendek. Semoga saya salah. Kalau ternyata bisa ditemukan di akhir tahun dan bisa diproduksi ya tentu tahun depan bisa ada solusiya,” ujar Erick melalui Youtube Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis.

Menteri Badan Usaha Milik Negara atau BUMN Erick Thohir mengatakan, pandemik COVID-19 atau virus corona yang melanda hampir seluruh negara di dunia berimbas nyata terhadap perekonomian.

Erick mengingatkan buat kamu yang berbisnis atau memiliki usaha bahwa tahun ini, bahkan hingga tahun depan, dunia usaha belum bisa pulih akibat pandemik COVID-19.

“Ekonomi kita sampai akhir tahun ini, bapak-bapak ibu yang berbisnis recovery-nya mungkin 40-50 persen. Baru tahun depan bisa 75 persen ke atas,” kata dia di Kementarian BUMN melalui virtual, Kamis.

Erick mengatakan, Virus Corona tidak hanya menjangkiti negara-negara kecil tetapi juga negara besar seperti Amerika Serikat dan Brazil. Di negara Paman Sam bahkan, penderita Covid-19 terus bertambah hingga menyentuh angka 3 juta.

Dunia usaha diperkirakan mulai pulih pada 2022

Menurut Erick, dunia usaha baru pulih total pada 2022. Itu pun tergantung jenis bisnis usahanya.

“Baru kuartal satu 2022 bisa seratus persen seperti 2019. Tentu ini tergantung jenis bisnisnya,” ujar dia.

Erick mengatakan akibat COVID-19 banyak dunia usaha yang pola bisnisnya berubah, sehingga mereka harus mulai beradaptasi.

Kesehatan dan ekonomi dua hal yang tidak dapat dipisahkan

Erick mengatakan dalam kondisi pandemik COVID-19 sekarang ini, selain kesehatan hal-hal lain yang harus menjadi perhatian serius adalah ekonomi. Sebab kedua hal tersebut tidak dapat dipisahkan.

“Tentu kami Kementerian BUMN berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan, semua kementerian, termasuk pemerintahan daerah,” kata dia.

Selama vaksin virus corona belum ditemukan, aktivitas ekonomi tidak bisa pulih 100 persen

Erick menyebutkan selama vaksin virus corona belum ditemukan, aktivitas ekonomi tidak bisa diramalkan pulih seutuhnya. Apalagi jika vaksin virus corona tidak bisa ditemukan dalam waktu dekat.

“Tapi saya harap saya salah. Kalau ternyata vaksin ditemukan di akhir tahun, dan bisa diproduksi tentu tahun depan bisa ada solusinya,” kata dia.

Comments are closed.