Gaji UMR Bisa Punya Tabungan Rp30 Juta, Gimana Caranya?

Gaji UMR Bisa Punya Tabungan Rp30 Juta, Gimana Caranya?

Gaji UMR Bisa Punya Tabungan Rp30 Juta, Gimana Caranya?

Gaji UMR Bisa Punya Tabungan Rp30 Juta, Gimana Caranya? – Memiliki penghasilan kecil bukanlah alasan untuk tidak menabung. Menurut perencana keuangan dari ZAP Finance, Prita Hapsari Ghozie, terkadang gaya hiduplah yang membuat orang sulit untuk menyisihkan penghasilan.

Nah, kalau kamu kesulitan mulai menabung, Prita punya metodenya loh. Apa saja itu?

1. Pakai metode commitment budgeting

Untuk kamu yang berpenghasilan UMP, Prita menyarankan untuk menggunakan metode commitment budgeting. Caranya, gunakan 75 persen penghasilan untuk biaya hidup dan 25 persen untuk metabung.

Terlansirkan dari https://christian-mommies.com/desktop/home . “Misal gajinya Rp4 juta, ada Rp3 juta untuk biaya hidup, seperti sewa kos, makan, transportasi, dan beli pulsa. Nah, sisanya yang 25 persen tertabung. Bayangkan kalau misalnya setiap bulan ambil saja Rp500 ribu untuk tertabung, berarti setiap tahun kita akan punya saldo Rp6 juta,” kata Prita terkutip dari YouTube ZAP Finance TV.

2. D’isiplinlah dalam menabung dan lihat hasilnya

Menurut Prita, tabungan Rp6 juta itu bisa bertambah banyak apabila terinvestasikan. Tentu harus tersesuaikan dengan profil risiko dan tujuan keuangan. Kebayang, gak, sih kalau setiap bulan kita d’isiplin berinvestasi, pada akhir tahun kelima saldo tabungan atau investasi nilainya minimal Rp30 juta.

“Uang itu bisa buat DP rumah tinggal, dana pernikahan, atau dana haji juga bisa banget. Jadi, semua itu bisa melakukan asal mau mengalokasikan gaji dengan baik,” ungkapnya.

3. Investasi tak harus mahal, kok!

Prita mengatakan, investasi tak harus mahal. Bahkan, zaman sekarang dengan uang Rp10 ribu pun sudah bisa berinvestasi. Tak harus berpanas-panasan ria, investasi bisa melakukan secara online. Ada banyak platform investasi yang bisa kamu manfaatkan dan telah terdaftar pada OJK. Jadi, gak ada lagi alasan untuk tidak menabung, ya!

Ini loh 3 tips jika kaluan ingin tabungan kalian Rp.30 juta. Kalian bisa asal kalian konsisten dan kalian dapat mencobanya. 3 cara ini cukup ampuk pada kalangan remaja yang sekarang sedang merintis kehidupan pada dunia industri loh. Kalian tidak boleh kalah hayu mencoba dari sekarang dan ciptakan goals kalian sendiri.

Jangan jadi alasan karena gaji kalian kecil atau UMR, semua jika niat pasti bisa. Have a nice day guys and Goodluck ya !

Comments are closed.