Google Prediksi Ekonomi Digital RI

Google Prediksi Ekonomi Digital RI

Google Prediksi Ekonomi Digital RI Capai Rp1,7 Kuadriliun

Google Prediksi Ekonomi Digital RI Capai Rp1,7 Kuadriliun – Google Indonesia memproyeksikan ekonomi digital Indonesia mencapai US$130 miliar atau sekitar Rp1,76 kuadriliun (dengan asumsi kurs Rp13.600 per dolar AS) pada 2025.

Managing Director Google Indonesia Randy Yusuf mengatakan saat Daftar Joker123 Gaming Online sebenarnya Indonesia sudah menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara. Menurutnya, hal tersebut didorong oleh ribuan perusahaan rintisan dan tradisional yang masuk ke bisnis digital.

Kebanyakan orang hanya berpikir untuk membersihkan ponsel dari cache dan sebagainya ketika ada sesuatu yang salah. Perangkat Android memang cukup pintar sehingga pemeliharaan rutin tidak diperlukan, tetapi masih merupakan ide yang baik untuk melakukannya sesekali.

Sebab, menganggap remeh langkah untuk mengorganisir memori atau Random Access Memory (RAM) bisa membuat kinerja ponsel melambat.

Cara untuk melakukan pembersihan ponsel Android agar dapat bekerja adalah dengan menggunakan sejumlah aplikasi pembersih yang tersedia di Play Store. Namun, Anda harus hati-hati memiliki karena aplikasi pembersih yang buruk akan membuang ruang penyimpanan.

Google membuat kesalahan besar karena meluncurkan Android 11 Beta ke beberapa pengguna ponsel Google Pixel. Sesungguhnya Google berencana untuk meluncurkan Android 11 ke publik pada 3 Juni mendatang saat Google I/O Developers Conference.

Akan tetapi acara tersebut kembali ditunda akibat eskalasi kerusuhan di Amerika Serikat sebagai buntut kematian George Floyd. Takdir berkata lain, dua pengguna Pixel 4 XL mendapat Android 11 beta pertama.

Kejadian ini pernah terjadi pada 2016 saat beberapa pengguna Nexus 6P mendapat Android 7.0 yang belum rilis resmi. Akan tetapi, pembaruan tersebut adalah internal dogfood build yang menandakan ‘rahasia internal’.

Kebutuhan tersebut sudah kita rasakan sekarang

Dilansir dari Phone Arena, di pembaruan Android 11 beta ini tak ada label yang menandakan bahwa versi beta ini adalah rahasia internal. Hal ini menunjukkan bahwa versi beta Android 11 yang bocor ditujukan untuk konsumsi publik.

Studi Alphabeta menunjukkan pada 2030 jika didukung kualitas edukasi, sektor keterampilan digital dapat menyumbangkan Rp4.411 triliun atau 16 persen dari total proyeksi PDB Indonesia.

Sementara, saat ini keterampilan digital menyumbang Rp908 triliun atau 6 persen dari PDB Indonesia. Randy optimis proyeksi tersebut dapat tercapai jika Indonesia meningkatkan kualitas tenaga kerjanya.

Menurut penelitian Mckinsey, pada 2030 Indonesia akan membutuhkan 9 juta pekerja mahir dan semi mahir teknologi, informasi, dan komunikasi. “Kebutuhan tersebut sudah kita rasakan sekarang. AI sudah membantu produktivitas di berbagai industri,” sebutnya.

“Ekonomi digital bukan hanya untuk para ahli teknologi saja, bisa juga untuk bidang lain seperti pertanian, manufaktur, dan retail,” ujar Randy, Selasa.

Dalam video singkat di YouTube terlihat bahwa mengembalikan aplikasi yang ditutup itu sederhana. Sama seperti ketika melakukan usapan ke atas untuk menutupnya, usapan ke bawah segera setelah gerakan awal ternyata dapat mengembalikan aplikasi yang sudah ditutup tersebut.

Dia menekankan Indonesia membutuhkan keahlian berpikir digital agar membantu bisnis beradaptasi dengan perubahan teknologi. Randy mengungkap peningkatan kemahiran sumber daya manusia akan menjadi kunci menjelang puncak pertumbuhan ekonomi digital tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *