Ini 5 Centibillionaire Dunia yang Kian Kaya di Tengah Pandemik

Ini 5 Centibillionaire Dunia yang Kian Kaya di Tengah Pandemik

Ini 5 Centibillionaire Dunia yang Kian Kaya di Tengah Pandemik

Ini 5 Centibillionaire Dunia yang Kian Kaya di Tengah Pandemik –  kekayaan para miliarder di dunia fluktuatif dari waktu ke waktu. Sebagian besar perubahan nilai ini dipengaruhi oleh perubahan harga saham perusahaan mereka di bursa saham yang berubah setiap harinya.

Salah satunya adalah CEO Amazon, Jeff Bezos yang menjadi orang terkaya pada 2020 ini. Jeff bahkan bisa menghasilkan 2.219 dolar Amerika Serikat (AS) per detik atau lebih dari dua kali lipat penghasilan rata-rata pekerja Amerika Serikat dalam satu minggu.

Oleh sebab itu, tidak heran bila Jeff Bezos menjadi salah satu centibillionaire tahun ini. Centibillionaire sendiri adalah sebutan untuk orang dengan kekayaan setidaknya mencapai 100 miliar dolar AS.

Ternyata, tidak semua orang mengalami fluktuasi negatif dalam hal kekayaannya di tengah pandemik ini. Ada nama baru yang justru masuk daftar centibillionaire dunia di saat perekonomian global justru sedang goyah.

Penasaran siapa saja sebenarnya yang menjadi orang terkaya dunia yang masuk ke daftar centibillionaire 2020 ini? Dikutip dari Forbes Billionaires, berikut lima namanya:

1. CEO Amazon Jeff Bezos

Meskipun telah mentransfer seperempat saham Amazon kepada istrinya saat bercerai pada 2019, Jeff Bezos masih menempati urutan nomor 1 sebagai orang terkaya di dunia tahun ini.

Berdasarkan data dari Forbes Billionaires, kekayaan bersih Jeff Bezos tahun ini mencapai 178,6 miliar dolar AS atau setara dengan lebih dari Rp2.500 triliun (kurs Rp14.022). Nilai kekayaan Jeff Bezos selama pandemik terus melambung naik. Ini dipengaruhi oleh kenaikan tajam nilai saham Amazon karena perubahan perilaku konsumen yang cenderung meningkat berbelanja online di masa pandemik.

Selain mendirikan Amazon, Bezos juga telah berekspansi ke berbagai sektor bisinis lain, seperti mendirikan Blue Origin, perusahaan startup berbasis luar angkasa pada 2000. Ia juga membeli The Washington Post pada 2013 senilai 250 juta dolar AS.

Di luar itu, Bezos juga melakukan investasi melalui modal ventura miliknya Bezos Expedition ke beberapa perusahaan seperti Airbnb, BusinessInsider, Twitter, Uber, dan sebagainya.

2. Bernard Arnault, CEO LVMH Moet Hennessy-Louis Vuitton SE

Pengusaha asal Perancis, Bernard Arnault memiliki kekayaan hingga 135 miliar dolar AS atau setara dengan lebih dari Rp200 triliun (kurs Rp14.022).

Bernard Arnault merupakan ketua dan CEO LVMH Moet Hennessy Louis Vuitton SE, produsen barang-barang mewah di dunia seperti tas Louis Vuitton, sampanye Dom Perignon, dan barang mewah lainnya.

Dahulu, ayah Arnault mendapat sedikit keuntungan dari usaha konstruksi. Sehingga Anault punya modal untuk memulai usahanya dengan menyetor 15 juta dolar AS untuk membeli Christian Dior pada 1985 silam.

Bisnisnya pun terus berkembang tahun ke tahun hingga menjadikan Bernard Arnault sebagai salah satu orang terkaya yang masuk ke daftar centibillionaire tahun ini.

3. Bill Gates, pendiri Microsoft

Hampir semua masyarakat dunia sudah mengenal Bill Gates, sang pendiri Microsoft. Bill Gates sendiri telah mendirikan Microsoft bersama Paul Allen sejak 1975. Mellaui kesuksesan perusahaan Microsoft yang ia bangun, Bill Gates sudah berhasil menjadi salah satu orang terkaya di Amerika di usia 20 tahun.

Pada 2000, Bill Gates mengundurkan diri sebagai CEO Microsoft. Ia juga telah menyumbangkan sebagian besar sahamnya hingga menyisakan 1 persen kepemilikan di Microsoft, dengan nilai sekitar 7 miliar dolar AS.

Kini, Bill Gates dan istrinya Melinda juga membangun yayasan amal bernama Bill and Melinda Gates Foundation yang fokus membantu pemberantasan penyakit dan peningkatan perawan kesehatan di negara-negara miskin dan berkembang. Dari yayasan tersebut, Bill dan istrinya banyak menerima penghargaan.

Terlepas dari itu, Bill and Melinda Gates Foundation memiliki aset lebih dari 40 miliar dolar AS.

4. Mark Zuckerberg, Co-Founder dan CEO Facebook

Co-Founder dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg menjadi centibillionaire termuda saat ini. Berdasarkan data Bloomberg Billionaires Index, kekayaan bersih Mark Zuckerberg mencapai 104 miliar dolar AS pada 13 Oktober 2020 kemarin.

Terlansir dari http://162.241.119.31/  .Meningkatnya nilai kekayaan Mark saat ini, turut dipengaruhi oleh kenaikan saham Facebook setelah peluncuran Instagram Reels, fitur Instagram yang menyerupai TikTok pada Agustus 2020 lalu.

Sebelumnya Mark Zuckerberg mendirikan Facebook dari kamar asramanya di Harvard pada 2004 dengan tiga temannya. Kini, Facebook telah berkembang menjadi jejaring sosial terbesar di dunia dengan 2,5 miliar pengguna aktif setiap bulannya.

Mark Zuckerberg sendiri memiliki sekitar 14 persen saham di Facebook setelah perusahaan tersebut go public pada Mei 2012 yang lalu.

5. Elon Musk, CEO SpaceX perancang Tesla

Berdasarkan data Bloomberg Billionaires Index pada 13 Oktober 2020, Elon Musk memiliki kekayaan bersih senilai 107 miliar dolar AS. Elon Musk bekerja untuk merevolusi transportasi yang ramah lingkungan di bumi, melalui mobil listrik Tesla dan kendaraan luar angkasa, SpaceX.

Musk sendiri memiliki lebih dari 18 persen saham di perusahaan Tesla, lebih dari tiga kali lipat dibanding pemegang saham terbesar berikutnya. Tesla sendiri telah menjadi produsen mobil paling berharga di dunia dengan kapitialisasi pasar mencapai 342 miliar dolar AS.

Elon Musk dibesarkan di Afrika Selatan, kemudian berimigrasi ke Kanada pada usia 17 tahun. Ia mendarat di AS sebagai mahasiswa pindahan ke University of Pennsylvania

Comments are closed.