Pesawat Militer AS Masuki Wilayah Taiwan

Pesawat Militer AS Masuki Wilayah Taiwan

Pesawat Militer AS Masuki Wilayah Taiwan China Meradang

Pesawat Militer AS Masuki Wilayah Taiwan China Meradang – China mengecam Amerika Serikat karena pesawat militer mereka memasuki wilayah udara Taiwan. Pemerintah China menyebutnya sebagai tindakan ilegal dan upaya provokasi serius.

Saat ini AS menjadi negara dengan kasus dan kematian tertinggi akibat virus corona di dunia. Data statistik Worldometers mencatat AS memiliki 2.066.508 kasus dengan 115.137 kematian akibat corona.

Sebelumnya Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) memperkirakan sekitar 118 ribu hingga 143 ribu kematian akibat corona di AS pada Juni.

Juru bicara Poker Pulsa Tanpa Potongan juga menyebut bahwa Partai Progresif Demokratik (DPP) yang berkuasa di Taiwan berhubungan dengan kekuatan eksternal untuk melanggar kedaulatan wilayah China, menghancurkan perdamaian dan stabilitas Selat Taiwan, dan merusak keselamatan serta kesejahteraan penduduk pulau.

Dikatakan pula selepas junjungan Trump, semua alat swab yang diproduksi untuk keperluan pengujian Covid-19 juga disterilkan pasca-produksi.

Perusahaan yang berbasis di Maine, AS itu juga memutuskan untuk mengubah jadwal produksi dari Jumat ke akhir pekan untuk menghindari kerugian akibat pembuangan alat swab.

Puritan Medical Products belum memberi penjelasan lebih lanjut. Pihak Gedung Putih juga menolak mengomentari keputusan tersebut.

China telah meningkatkan penerbangan tempur dan penyeberangan kapal perang di dekat Taiwan atau melalui Selat Taiwan sejak Tsai Ing-wen terpilih pertama kali menjadi presiden pada 2016. Tsai menolak mengakui Taiwan sebagai bagian dari ‘kesatuan China’.

Juru bicara Kantor Urusan Taiwan Beijing

Penerbangan itu menambah ketegangan antara Washington dan Beijing. Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan pesawat AS memasuki wilayah udara mereka setelah mengajukan izin dan tidak mendarat di bandara mana pun.

Kasus infeksi virus corona di 22 negara bagian mengalami lonjakan, seiring dengan gelombang unjuk rasa buntut kematian pria kulit hitam George Floyd.

Salah satu negara bagian dengan lonjakan kasus penularan baru terbesar adalah Florida. Jumlah kasus baru yang dilaporkan setiap hari telah meningkat rata-rata sekitar 46 persen selama sepekan terakhir, sama seperti sebagian besar negara bagian yang memasuki fase kedua pembukaan kembali aktivitas di tengah pandemi virus corona.

Sementara seorang juru bicara Kantor Urusan Taiwan Beijing mengatakan penerbangan AS membahayakan kedaulatan negara, kepentingan keamanan dan pembangunan, serta melanggar prinsip-prinsip dasar hukum dan hubungan internasional.

Kantor Urusan Taiwan adalah badan tingkat tinggi Beijing yang mengawasi kebijakan Taiwan. China menganggap Taiwan selama ini sebagai wilayah yang membangkang karena terus berupaya memerdekakan diri.

Tsai menyerang Beijing dengan mengatakan gerakan militer China dinilai tidak berarti dan tidak perlu, setelah jet militer China secara singkat melintasi garis tengah Selat Taiwan yang memisahkan kedua negara pada Februari lalu.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan bahwa pesawat militer C-40A Clipper terbang di atas langit Taiwan pada Selasa. Di hari itu juga Taiwan mencegat beberapa jet tempur China yang terbang ke wilayah udara barat daya pulau itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *